BATIK GENTURAN TERCIPTA UNTUK 
MENGHARUMKAN NAMA CIANJUR


CIANJUR – Berawal dari kecintaan terhadap kain batik, kemudian belajar cara membuat bati dari seorang teman yang memang sudah ahli di dunia batik. Kini Eliana Trisnawati seorang warga Warug kondang yang juga ketua dari Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia (IPEMI), menjadi seorang pengusaha batik ternama di dunia batik nasional. Karyanya tersebut mampu bersaing dengan batik – batik ternama dari kota lain. Bahkan batik milik ELiana ini telah merambah ke pasar internasional.
“Batik saya, saat ini sudah masuk ke pasar internasional, seperti Singapur, Malaysia, Belanda dan Jerman.” Terang Eliana.
Salah satu bati karyanya tersebut adalah batik genturan yang telah memilik sertifikat dari HAKI, dan beberapa motif lain nya antaralain, motif ayam pelung dan motip bebeasan. Semua motif itu terinsfirasi dari ikon kota Cianjur dan khusus nya dari daerah warung kondang.
“Motif yang saya buat ini adalah sebuah bentuk promosi dari ikon Cianjur dengan mengaflikasikan nya melalui media kain batik.” Kata Eliana. 
Berkat Kreativitas dari Eliana, kini dia telah memberikan dampak positif untuk daerah nya, terutama kaum ibu. Tak sediki kaum ibu yang bekerja di rumah produksi Dahlia Batik Genturan milik ELiana. Namun harapan lebih dari eliana sangatlah mulia untuk para pekerja di tempat nya.
“Saya berharap para pekerja disini memiliki mental untuk berbisnis jadi tiuda sekedar mental pekerja, saya ingin nantinya mereka bisa memiliki rumah produksi sendiri.” Harap Eliana
Eliana menambahka, bahwa sebenarnya para pelaku usaha batik di Cianjur memiliki dilemma yang cukup mendalam. Sebenarnya merka memiliki keinginan untuk mengembangkan batik cirri Khas Cianjur, Namun banyak sekali kendala yang mereka alami.
“Salah satu masalah pengusaha batik ini adalah bahan untuk membuat batik itu sendiri, karna selama ini bahan baku yang selama ini datang dari luar daerah dan kadang sulit untuk di dapatkan dan stok nya terbatas” Jelas Eliana.

Kerjasama dan dukungan pemerintah sangatlah Eliana harapkan. Menurut nya jika pemerintah mau mendukung dan bersinergi dengan para pelaku bisnis bati ini, maka batik khas cianjur akan berkembang dan secara tidak langsung Nama cianjurpun akan lebih harum di kancah Nasional bahkan Internasional. Karna yang merka lakukan bukan lah sekedar untuk berbisnis tapi juga untuk membawa nama baik Kab. Cianjur di kancah pasar batik Internasional.  Asep Hendrayana

Komentar